Huseno, Tun and Suwanda, Dadang and Primastuti, Anindita and Eljawati, Eljawati and Agustina, Ika (2022) TRANSFORMASI PROSES BISNIS DAN STRATEGI PENERAPANNYA DALAM SISTEM PAJAK ONLINE DI KOTA SEMARANG. In: PROSIDING HASIL PENELITIAN DOSEN IPDN TAHUN 2022, IPDN Jatinangor.
E-BOOK PROSIDING HASIL PENELITIAN DOSEN IPDN TAHUN 2022 _ PAK DADANG SUWANDA.pdf
Download (3MB)
Abstract
Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pajak online dalam
transformasi bisnis proses pada pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan
dan Perdesaan (PBB-P2) di Kota Semarang. Wajib Pajak terbanyak di Kota Semarang
merupakan wajib pajak PBB-P2 sebanyak 541.847 orang pada tahun 2020 dan meng�alami peningkatan sebesar 9,8% menjadi 601.116 orang pada tahun 2021. Kenaikan
angka wajib pajak dipicu oleh adanya upaya perbaikan data wajib pajak dan jemput
bola dari Badan Pengelolaan Aset Daerah Kota Semarang. Peneliti mencoba memban�dingkan proses bisnis pada pengelolaan pajak di Kota Semarang saat masih meng�gunakan sistem offline (manual) dan saat sudah menggunakan sistem online. Meski
tidak dapat dipungkiri kenyataannya saat ini masih digunakan mix atau perpaduan
dari sistem online dan offline karena kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh
masing-masing sistem tersebut.
Desain penelitian adalah penelitian terapan dengan metode Kualitatif deskriptif,
karena melakukan pengumpulan data melalui wawancara. Observasi, dokumentasi
disertai dengan data secara tertulis di kantor Bapenda Kota Semarng.
Sebelum beralih ke sistem pajak online, proses pembayaran pajak di Kota Semarang
berjalan secara offline, dimana masyarakat langsung mendatangi kantor/pos pela�yanan pajak atau kantor kecamatan untuk menyetorkan uang PBB secara langsung.
Dengan menggunakan aplikasi online pajak yang digunakan di Kota Semarang,
yaitu aplikasi Pakde Semar dan Lek Paijo pendaftaran pajak menjadi lebih mudah
dilakukan bagi wajib pajak baru. Wajib Pajak dapat menggunakan fitur E-Register
dan E-SPTPD untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan NPWPD sebagai sarana
administrasi perpajakannya. Inovasi Pelayanan Lek Paijo diinisiasikan akan menjadi
pilot project, akan dilakukan penerapan di setiap kecamatan yang ada di Kota
Semarang, akan tetapi pada kenyataanya setelah diluncurkan pada tahun 2019 hingga
2022 belum ada realisasi pendistribusian aplikasi Lek Paijo ini di tingkat kecamatan,
namun kedepannya pelayanan Lek Paijo ini akan didistribusikan dan dikembangkan
di Pos-pos wilayah pelayanan pajak.
Strategi penerapan transformasi bisnis proses dalam pengelolaan pajak bumi dan
bangunan perkotaan dan perdesaan (PBB – P2) pada penerapan Sistem Pajak Online
(SPO) di Kota Semarang antara lain sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas
pelayanan kepada masyarakat dengan menciptakan standarisasi pelayanan yang ber�kualitas dan perubahan yang mendasar dalam manajemen pelayanan pajak secara
online.
Kata Kunci: Transformasi bisnis proses, PBB-P2, Strategi
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | S.IP, M.Si KG Pambayun |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 07:53 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 07:53 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/996 |