Angelita, Meigy and Lukman, Sampara and Tahir, M. Irwan (2021) INOVASI DAN EFEKTIVITAS PELAYANAN MELALUI MOBILE JKN PADA BPJS KESEHATAN DI JAKARTA SELATAN. MEDIUM, 9 (2). pp. 292-305. ISSN ISSN: 2303-0194, E-ISNN: 2615-1308
Jurnal Medium UIR Sinta 4 Meigy.pdf
Download (268kB)
INOVASI DAN EFEKTIVITAS PELAYANAN MELALUI MOBILE JKN PADA BPJS KESEHATAN DI JAKARTA SELATAN (1).pdf
Download (3MB)
Abstract
Pengembangan pelayanan kesehatan berbasis teknologi merupakan salah satu gerakan inovasi pelayanan publik dalam rangka mereformasi birokrasi di ranah pemerintahan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan menganalisis penilaian keberhasilan, dan
efektivitas dari penerapan pelayanan berbasis teknologi melalui Mobile JKN pada BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Utama Jakarta Selatan. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan dan memperoleh pemahaman menyeluruh dan mendalam mengenai inovasi pelayanan publik
berbasis teknologi yang difokuskan pada penggunaan aplikasi mobile JKN sebagai bentuk inovasi pelayanan jaminan kesehatan nasional pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Aplikasi Mobile JKN-KIS dapat dikatagorikan sebagai inovasi karena mempunyai atribut keuntungan relative (relative adventage), kesesuaian (compability), kerumitan (complexity), kemungkinan dicoba (triability), kemudahan diamati (observability). Peneliti menggunakan teori efektivitas pelayanan menurut
David Krech, Richard an Egerton dan menyebutkan bahwa inovasi yang diterapkan oleh BPJS dalam hal ini khususnya inovasi Mobile JKN-KIS di Kantor Cabang Jakarta Selatan sudah efektif.
Kata Kunci: Inovasi, Efektivitas, Jaminan Kesehatan, Aplikasi Mobile JKN
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | ms Annisa Rahmadanita |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 07:20 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 03:14 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/975 |