IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MAKASSAR

Hamid, Hendrawati (2022) IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MAKASSAR. PALLANGGA PRAJA, 2 (2). pp. 117-123. ISSN P-ISSN 2716-0262 E-ISSN 2798-5229

[thumbnail of 2.pdf] Text
2.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MAKASSAR.pdf] Text
IMPLEMENTASI NEW PUBLIC MANAGEMENT (NPM) DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MAKASSAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi tujuh karakteristik NPM di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar. NPM adalah merupakan reformasi dalam manajemen publik sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, memiliki tujuh karateristik dalam implementasinya yaitu: manajemen profesional pada sektor publik, memiliki standar kinerja dan ukuran kinerja, lebih menekankan pada pengendalian output dan outcome, adanya pembagian unit kerja, adanya persaingan di sektor publik, menerapkan model manajemen sektor privat pada sektor publik, menekankan penghematan dalam penggunaan sumber daya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi yaitu mengkaji implementasi reformasi pelayanan
publik. Informan penelitian adalah, Pejabat struktural eselon II, III dan IV, staf operasional pelayanan, dan
masyarakat. Data penelitian dikumpulkan melalui indepth interview, observasi, dan dokumentasi terkait
kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ke tujuh karakteristik NPM, yang telah diterapkan dengan baik, yaitu manajemen profesional, adanya standar kinerja dan ukuran kinerja, adanya pembagian unit kerja, adanya persaingan di sektor publik. Adapun karakteristik yang masih perlu di tangani secara serius dan dibenahi adalah, penekanan pada pengendalian output dan outcome, menerapkan model manajemen sektor privat pada sektor publik, menekankan penghematan dalam penggunaan sumber daya.

Kata Kunci: implementasi, NPM, pelayanan public

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: ms Annisa Rahmadanita
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:43
Last Modified: 24 Jan 2023 08:47
URI: http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item
View Item