Hamid, Rijal and Lukman, Sampara and Lambelanova, Rossy (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI AKESAHU DI KOTA TIDORE KEPULAUAN PROVINSI MALUKU UTARA. Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, 12 (1). pp. 229-240. ISSN 2807 – 1247
STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI AKESAHU DI KOTA TIDORE KEPULAUAN PROVINSI MALUKU UTARA..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (324kB)
Strategi Pengembangan Parawisata Pantai Akesahu.pdf - Other
Download (244kB)
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk menganalisis strategi pengembangan pariwisata Pantai Akesahu, faktor pendukung dan penghambat serta upaya untuk mengatasi faktor penghambat di Pantai Akesahu di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui analisis SWOT konsep dari rangkuti selanjutnya menggunakan perhitungan tes Litmus dari Bryson guna menemukan isu paling strategis yang dapat diterapkan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan strategi guna pengembangan pariwisata Pantai Akesahu dengan pemetaan kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang, memanfaatkan peluang untuk untuk meminimalisir kelemahan, menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman, dan meminimalisir kelemahan untuk menghindari ancaman. Adapun yang berpengaruh dalam dalam strategi ialah faktor pendukung dan faktor penghambat, di mana faktor penghambat dapat diatasi dengan upaya mengatasi faktor penghambat dan berdasarkan pemetaan dari faktor internal (kekuatan dan kelemahan) juga faktor eksternal (peluang dan ancaman) maka telah dirumuskan 8 (delapan) strategi yang dapat diterapkan, yaitu strategi S-O: memberdayakan masyarakat di sekitar objek wisata agar dapat mendirikan usaha industri kecil menengah bagi masyarakat dan meningkatkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja baru; meningkatkan promosi melalui pemanfaatan teknologi dengan media elektronik seperti melalui website, maupun melalui media cetak seperti tabloid, brosur dan majalah, strategi W-O: meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berkompeten dalam hal ini penyelenggaraan Diklat secara rutin bagi staf dinas pariwisata; mengevaluasi kembali program pengembangan pariwisata dengan melengkapi sarana dan prasarana penunjang yang masih kurang, strategi S-T: meningkatkan dan memperkuat karakteristik/ciri khas yang berbeda agar dapat bersaing dengan daerah lain; menjalin kerja sama antarsektor, baik antar SKPD, maupun pemerintah dengan pihak swasta dalam mengembangkan pariwisata Pantai Akesahu, strategi W-T: sosialisasi secara rutin atau terus menerus tentang pentingnya menjaga dan melestarikan potensi wisata yang dimiliki; membina persatuan dan kesatuan guna mengurangi sikap individual masyarakat untuk menghindari akulturasi dan pengaruh negatif dari budaya asing.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Depositing User: | Rossy Lambelanova |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:03 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 06:47 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/708 |