Lubis, Bertha (2020) MANAJEMEN KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA DI INDONESIA: SEBUAH KONSEP MANAJEMEN PUBLIK BARU. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 3 (3): 5. pp. 53-60. ISSN 2715-0186
315-Article Text-797-1-10-20201109.pdf
Download (160kB)
Abstract
Abstrak
Manajemen publik baru merupakan konsep baru dalam ilmu administrasi publik. Konsep ini berfokus pada orientasi hasil, transparansi dan akuntabilitas layanan administrasi. Manajemen kinerja adalah kunci untuk orientasi hasil. Sistem Manajemen Kinerja adalah catatan masukan, proses, keluaran dan hasil dari prosedur pemerintah. Ini membantu untuk mengevaluasi dan memantau kemajuan pemerintah menuju pencapaian tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep manajemen kinerja aparatur sipil negara di Indonesia sebagai konsep manajemen publik baru. Penelitian memakai metode kualitatif dalam menganalisa obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa birokrasi yang rumit dan masih kurangnya kualitas pelayanan publik telah menjadi kutukan ilmu administrasi publik di Indonesia. Manajemen kinerja ASN sebagai konsep manajemen publik baru yang berbasis kinerja merupakan suatu terobosan yang mampu meningkatkan kinerja ASN yang pada akhirnya berdampak pada kinerja pelayanan pubik.
Kata Kunci: Manajemen Kinerja, Administrasi Publik, Aparatur Sipil Negara
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | bertha lubis |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 14:32 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 14:32 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/548 |