Lubis, Bertha (2019) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DENGAN MENERAPKAN KODE ETIK PELAYANAN KEPADA PEGAWAI DI LAYANAN PUBLIK. MEDIA BINA ILMIAH, 13 (12): 17. pp. 1921-1928. ISSN 2615-3505
887-2404-1-PB.pdf
Download (298kB)
Abstract
AbstrakPada masa sekarang kebutuhan akan pelayanan publik yang prima telah menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini tentu sangat membutuhkan perhatian dari semua pemangku kepentingan yang berhubungan dengan pelayanan publik. Standar perilaku di sektor publik atau kode etik merupakan isu politik dan publik yang penting bagi setiap negara, yang selalu dipegang sebagai prasyarat mendasar untuk good governance. Penelitian ini mencoba membahas tentang dampak kode etiksebagai faktor utama yang mempengaruhi layanan publik. Pembahasan artikel ini menggunakan studi kualitatifdengan pengumpulan datadengan pendekatan tinjauan pustaka dalam memberikan pemahaman terhadap obyek yang diteliti. Hasil penelitian menjelaskan penerapan kode etik pelayanan publik bagi pegawai memegang peranan penting karena akan hal ini akan mencegah perbuatan yang tidak etis, dapat meminimalisir masalah yang dapat ditimbulkan yang tentunya dapat melindungi pegawai dari jeratan sangsi dan hukum. Penelitian ini juga menemukan bahwa kode etik selama ini tidak memenuhi azas keadilan karena proses penyusunannya hanya berasal dari atastanpa melibatkan pegawai yang menjadi bawahannya. Dalam penelitian kami juga merekomendasikan agar infrakstruktur etis berhasil maka infrastruktur organik harusberjalan.Kata Kunci:Komunikasi, Etika, Layanan Publik, Pekerja Kantoran & Perilaku, Kode Etik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | bertha lubis |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 14:32 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 14:32 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/547 |