Mulianingsih, Sunasih and Lubis, Bertha (2018) ANTARA PELAYANAN KTP -EL DAN MASYARAKAT UNTUK MASYARAKAT JAWA BARAT DI INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI (IPDN) 11 S.D. 13 APRIL 2018. Jurnal Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil), 6 (1): 3. pp. 47-65. ISSN 2355-0872
perpus-antara-pelayanan-ktp-el-dan-masyarakat-untuk-masyarakat-jawa-barat-di-institut-pemerintahan-dalam-negeri-ipdn-11-s.d.-13.pdf
Download (476kB)
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan pembuatan KTP –El dalam rangka penertiban administrasi kependudukan. Tiga masalah besar yang selama ini menjadi kendala dalam pelayanan KTP-el adalah pengadaan blangko, pemeliharaan sistem penunggalan data (Annual Technical Support/ATS), dan pengadaan lisensi. Saat ini, masalah tersebut telah teratasi dengan ditanda tanganinya kontrak ATS, pengadaan lisensi, dan kontrak pengadaan blangko KTP-el pada triwulan ke empat tahun 2017. Data ini dikumpulkan
dari hasil wawancara dan observasi. Permasalahan teratasi dengan ditanda tanganinya kontrak ATS, pengadaan lisensi, dan kontrak pengadaan blangko KTP-El pada triwulan ke empat tahun 2017. Ada dua solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu: 1) Kesiapan petugas pelayanan bila terjadi ledakan
masyarakat pembuat KTP – El; 2) Pendaftaran secara oneline dengan Aplikasi Qiwii secara lengkap pada prosedur dan waktu pelayanan. Pelimpahan kewenangan secara menyeluruh dari pemerintah pusat kepada pemerintahan daerah tentang pembuatan dan perekaman KTP –El dengan harapan pelayanan
prima tentang KTP –El dapat terwujud.
Kata kunci: kebijakan, keterampilan petugas pelayanan, dan sistem pendaftaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | sunasih mulianingsih |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 06:42 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 06:42 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/527 |