Arifah, Siti Binti Nur and Amalia, Rizki (2021) KOMPETENSI APARATUR DALAM UPAYA MELAYANI PERIZINAN ELEKTRONIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN BARITO UTARA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 9 (2). pp. 71-88. ISSN e-ISSN 2714-772X; ISSN 2355-0899
Jurnal Kompetensi.pdf
Download (712kB)
Abstract
Salah satu kebijakan strategis pemerintah dalam bidang penanaman modal dan investasi adalahn dengan menyelenggarakan layanan perizinan melalui suatu sistem yang terintegrasi secara elektronik (online). Penerapan layanan perizinan yang baik, salah satunya didukung oleh
kompetensi aparatur sebagai pelaksana pelayanan. Tujuan penelitian adalah menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi aparatur dalam melayani perizinan elektronik, hambatan dan upaya mengatasinya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam hal ini dilakukan
analisis Kompetensi Aparatur dengan aspek yang diteliti, antara lain: Motives, Traits, Self Concept, Knowledge dan Skills. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa kompetensi aparatur dalam upaya melayani perizinan elektronik dinilai cukup baik, namun masih memerlukan peningkatan dalam aspek
Knowledge(pengetahuan) dan Skills(keterampilan). Hambatan Kompetensi Aparatur dalam melayani perizinan elektronik, yaitu: (1) keterbatasan anggaran, (2) Masih terbatasnya
pemberian kuota peserta Diklat dan Bimtek, (3) keterbatasan jumlah tenaga teknis, (4) kurang memadainya sarana dan prasarana yang tersedia. Upaya mengatasi hambatan kompetensi aparatur, yaitu: (1) Menyiapkan anggaran khusus untuk
Diklat dan Bimtek, (2) Memberikan rekomendasi izin belajar bagi pegawai, (3) Mengajukan usul pengadaan formasi tenaga teknis, (4) Menambah sarana dan prasarana yang dibutuhkan.Saran dari penelitian: (1) Perlunya pemaksimalan ajuan anggaran dalam kegiatan Diklat dan Bimtek, (2) Perlunya diadakan kegiatan Diklat dan Bimtek yang bersifat kontinu. (3) Perlunya sosialisasi kepada masyarakat mengenai tahapan prosedur sistem perizinan berbasis elektronik (4) Perlunya pengoptimalan pemeliharaan sarana dan prasarana yang telah ada.
Kata kunci: Aparatur,Kompetensi, Layanan Perizinan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Manajemen Pemerintahan > Prodi MSDM Sektor Publik |
Depositing User: | Rizki Amalia |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:44 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 07:49 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/494 |