EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU KELUARGA MELALUI TANDA TANGAN ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT

Rizqiqa, Edtyva Dwirahmi and Amalia, Rizki (2021) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU KELUARGA MELALUI TANDA TANGAN ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Media Birokrasi, 3 (2). p. 20. ISSN ISSN 2755-1695 eISSN 2714-7339

[thumbnail of EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU KELUARGA.pdf] Text
EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU KELUARGA.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Efektivitas KK-peer review.pdf] Text
Efektivitas KK-peer review.pdf

Download (946kB)
[thumbnail of KK 8-perbaikan reviewer.pdf] Text
KK 8-perbaikan reviewer.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tanda tangan elektronik adalah inovasi program percepatan kependudukan, bertujuan untuk mengefisiensi pembuatan dokumen kependudukan tanpa harus bertatap muka.Masih
adanya kerusakan dokumen dalam penerbitan kartu keluarga dan terbatasnya pegawai yang paham tentang pelayanan melalui tanda tangan elektronik menjadi permasalahan. Tujuan
Penelitian adalah mengetahui efektivitas pelayanan penerbitan kartu keluarga melalui tanda tangan elektronik, hambatan dan upaya mengatasinya. Metode yang digunakan yaitu
kualitatif deskriptif pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi yang meliputi wawancara mendalam (10 informan), observasi dan
dokumentasi. Dalam tulisan ini dilakukan analisis efektivitas pelayanan penerbitan kartu keluarga melalui tanda tangan elektronik dengan indikator yang diteliti yaitu (1) Produksi atau produktivitas, (2) Mutu/kualitas, (3) Efisiensi, (4) Fleksibilitas, dan (5) Kepuasan.
(Gibson dan Steers dalam Sumaryadi (2005:107).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan penerbitan kartu keluarga
melalui tanda tangan elektronik sudah terlaksana dengan cukup baik, namun masih memerlukan penyempurnaan dalam indikator efisiensi. Hambatan efektivitas pelayanan
penerbitan kartu keluarga melalui tanda tangan elektronik, yaitu (1) Koneksi Jaringan yang tidak stabil, (2) Kurangnya Sumber Daya Manusia, (3) Kurangnya fasilitas penunjang.
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu (1) memperbaiki jaringan server yang mengalami gangguan, (2) Mengikutkan pegawai yang ada dalam Pelatihan atau
Bimtek, (3) Menambah fasilitas penunjang. Saran dari penelitian: (1) melakukan pembaharuan sistem terkait pengoptimalisasian jaringan pusat selaku penyelenggara
kebijakan Tanda Tangan Elektronik, (2) menambah jumlah pegawai dan (3) meningkatkan fasilitas sarana prasarana.

Kata Kunci : Tanda Tangan Elektronik, Efektivitas, Kartu Keluarga

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Manajemen Pemerintahan > Prodi MSDM Sektor Publik
Depositing User: Rizki Amalia
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:38
Last Modified: 30 Dec 2021 02:42
URI: http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item
View Item