Rizqiqa, Edtyva Dwirahmi and Amalia, Rizki (2021) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU KELUARGA MELALUI TANDA TANGAN ELEKTRONIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SOLOK PROVINSI SUMATERA BARAT. Jurnal Media Birokrasi, 3 (2). p. 20. ISSN ISSN 2755-1695 eISSN 2714-7339
EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU KELUARGA.pdf
Download (188kB)
Efektivitas KK-peer review.pdf
Download (946kB)
KK 8-perbaikan reviewer.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tanda tangan elektronik adalah inovasi program percepatan kependudukan, bertujuan untuk mengefisiensi pembuatan dokumen kependudukan tanpa harus bertatap muka.Masih
adanya kerusakan dokumen dalam penerbitan kartu keluarga dan terbatasnya pegawai yang paham tentang pelayanan melalui tanda tangan elektronik menjadi permasalahan. Tujuan
Penelitian adalah mengetahui efektivitas pelayanan penerbitan kartu keluarga melalui tanda tangan elektronik, hambatan dan upaya mengatasinya. Metode yang digunakan yaitu
kualitatif deskriptif pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi yang meliputi wawancara mendalam (10 informan), observasi dan
dokumentasi. Dalam tulisan ini dilakukan analisis efektivitas pelayanan penerbitan kartu keluarga melalui tanda tangan elektronik dengan indikator yang diteliti yaitu (1) Produksi atau produktivitas, (2) Mutu/kualitas, (3) Efisiensi, (4) Fleksibilitas, dan (5) Kepuasan.
(Gibson dan Steers dalam Sumaryadi (2005:107).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan penerbitan kartu keluarga
melalui tanda tangan elektronik sudah terlaksana dengan cukup baik, namun masih memerlukan penyempurnaan dalam indikator efisiensi. Hambatan efektivitas pelayanan
penerbitan kartu keluarga melalui tanda tangan elektronik, yaitu (1) Koneksi Jaringan yang tidak stabil, (2) Kurangnya Sumber Daya Manusia, (3) Kurangnya fasilitas penunjang.
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu (1) memperbaiki jaringan server yang mengalami gangguan, (2) Mengikutkan pegawai yang ada dalam Pelatihan atau
Bimtek, (3) Menambah fasilitas penunjang. Saran dari penelitian: (1) melakukan pembaharuan sistem terkait pengoptimalisasian jaringan pusat selaku penyelenggara
kebijakan Tanda Tangan Elektronik, (2) menambah jumlah pegawai dan (3) meningkatkan fasilitas sarana prasarana.
Kata Kunci : Tanda Tangan Elektronik, Efektivitas, Kartu Keluarga
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Manajemen Pemerintahan > Prodi MSDM Sektor Publik |
Depositing User: | Rizki Amalia |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 02:38 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 02:42 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/493 |