Peyon, Korina and Sinurat, Marja and Kurniawati, Layla (2023) Implementasi Kebijakan Layanan Pengaduan Masyarakat (Command Center) Di Kabupaten Yalimo (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Yalimo). Implementasi Kebijakan Layanan Pengaduan Masyarakat (Command Center) Di Kabupaten Yalimo (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Yalimo), 4 (1). ISSN 2715-792X
1299-Article Text-8561-1-10-20230105.pdf
Download (249kB)
Abstract
Kebijakan pelayanan pengaduan masyarakat (command center) Pemerintah Yalimo diindikasikan belum efektif. Hal ini terlihat dari minimnya sosialisasi, keterbatasan SDM dan jaringan internet untuk mengakses layanan pengaduan masyarakat (command center). Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kebijakan pelayanan pengaduan masyarakat(command center) serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan pelayanan
pengaduan masyarakat (command center) di Kabupaten Yalimo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulannya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kabid Pelayanan, Kabid Komunikasi
dan Informatika, Kabid Statistik dan Sandi serta masyarakat umum (Masyarakat). Secara umum kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi kebijakan pelayanan pengaduan masyarakat (command center) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Yalimo belum berjalan efektif, hal ini
dapat dilihat dari: Sosialisasi, penyuluhan belum berjalan maksimal, SDM dan kerja fasilitas belum mendukung Belum ada SOP, juknis dan payung hukum yang mengatur kewenangan dalam menjalankan kebijakan, dan Tingginya persentase penduduk miskin dan tingginya angka pengangguran di Kabupaten
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Depositing User: | Marja Sinurat |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 08:40 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 08:40 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/1270 |