Anjani, Tatut and Lukman, Sampara and Rowa, Hyronimus (2020) EFEKTIVITAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN MANOKWARI PROVINSI PAPUA BARAT. VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 11 (3). pp. 245-254. ISSN p-ISSN: 0853 – 7984 e-ISSN: 2807 – 1247
EFEKTIVITAS PELAYANAN TERPADU SATU PINTU ALQAPRINT.pdf
Download (599kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan penulis untuk membahas efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Manokwari, karena berdasarkan data menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Manokwari merupakan daerah yang rendah menerima permohonan perizinan dan non perizinan jika dibandingkan Kabupaten lain yang jumlah penduduknya lebih sedikit. Selain itu kendala lain yang menghambat pelayanan berkualitas dalam pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu, yaitu terbatasnya kualitas SDM yang bertugas dalam melayani masyarakat setiap harinya, serta sarana dan prasarana yang belum memadai untuk mendukung pelaksanaan pelayanan yang berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sudah efektif meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Manokwari. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya 5 aspek dimensi efektivitas, yaitu produktivitas, efisiensi, kepuasan masyarakat, adaptasi dan perkembangan walaupun belum maksimal. Kendala yang masih ada adalah terbatasnya sarana dan prasarana untuk lebih mendukung proses pelayanan publik di PTSP.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | ms Annisa Rahmadanita |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:35 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:35 |
URI: | http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/1070 |