EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA

Jocom, Zefanya Yosua and Lambelanova, Rossy (2021) EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA. Jurnal Pemerintahan Daerah di Indonesia, 13 (2). pp. 335-350. ISSN 2807-1247

[thumbnail of EVALUASI KEBIJAKAN  PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK  PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL  KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA] Text (EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA)
Evaluasi Kebijakan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Suku Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jakarta Utara Provinsi Dki Jakarta.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (283kB)
[thumbnail of (TURNITIN) EVALUASI KEBIJAKAN  PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK  PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL  KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA] Text ((TURNITIN) EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA)
Evaluasi Kebijakan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Pada Suku Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Jakarta Utara Provinsi Dki Jakarta.pdf - Other

Download (4MB)
[thumbnail of (PEER REVIEW) EVALUASI KEBIJAKAN  PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK  PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL  KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA] Image ((PEER REVIEW) EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAKARTA UTARA PROVINSI DKI JAKARTA)
Evaluasi Kebijakan Pelayanan e KTP di DKI Jakarta.pdf - Other

Download (243kB)

Abstract

Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jakarta Utara memiliki tugas Pelaksanaan Pelayanan Kebijakan Kependudukan yang salah satunya adalah dokumen kependudukan berupa Kartu Penduduk Elektronik yang Pelayanan KTP-el di Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jakarta Utara, disebut KTP-el. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Penelitian ini menggunakan teori kriteria evaluasi Dunn (2012: 728), yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik deskriptif, dalam pemilihan informan menggunakan metode purposive. Analisis data yang digunakan adalah Analisis data lapangan Miles dan Huberman. Komponen dalam analisis data di antaranya, reduksi data, displai data, pengelompokan data dan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program KTP-el yang sudah dicapai masih belum maksimal, di mana masih banyaknya ketidaksesuaian NIK di Kartu Keluarga dengan di KTP-el, kemudian sering terjadinya kekosongan blanko KTP-el menyebabkan pelayanan menjadi terlambat dan banyaknya data duplicated record karena belum adanya pengecekan biometrik di Kecamatan. Adapun Strategi yang dilakukan Suku Dinas Kependudukan dan Penatatan Sipil Kota Jakarta Utara antara lain; menyosialisasikan manfaat KTP-el, memangkas persyaratan yang tidak perlu memastikan ketersediaan Blangko KTP-el. saran dalam penelitian ini, yaitu perlunya dilakukannya sosialisasi secara komprehensif dan perlunya ditambahkan aplikasi untuk cek biometrik di kecamatan supaya lebih efektif dan efisien, mengadakan bimbingan teknis kepada operator, serta perawatan alat-alat perekaman KTP-el.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Rossy Lambelanova
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:01
Last Modified: 23 Jun 2022 03:01
URI: http://eprints2.ipdn.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item
View Item